Salam sejahtera...
arini Mama nak share
perkembangan bayi dari newborn hingga umur 3 tahun
boleh la dijadikan panduan buat Mama2 semua ya...
juga untuk panduan Mama juga...
jadual ni Mama amik dari ANMUM
jom tengok...
Usia | Keterampilan-keterampilan Utama | Kerampilan-keterampilan yang akan dikuasai | Keterampilan-keterampilan lebih lanjut |
1 bulan | · Mengangkat kepala ketika berbaring tengkurap · Merespon suara. · Menatap wajah | · Pandangan bayi untuk dapat mengikuti objek walaupun hanya beberapa saat. · Mengeluarkan suara: oohdan aah · Dapat melihat pola berwarna hitam-putih | · Tersenyum, tertawa · Menahan kepala pada 45 derajat. |
2 bulan | · Suara: coo dan gumamam · Dapat mengikuti benda lebih lama · Mulai memperhatikan tangannya · Dapat mengangkat kepala dan menahannya untuk beberapa saat. | · Tersenyum, tertawa · Menahan kepala pada posisi 45 derajat · Dapat membuat gerakan-gerakan yang lebih teratur (lebih halus) | · Dapat menegakkan kepala dan menahannya agak lama · Kaki sudah cukup kuat untuk menahan beban ringan · Dapat mengangkat kepada dan bahu saat tidur dengan posisi tengkurap. |
3 bulan | · Dapat mengenali wajah dan wangi tubuh orang yang biasa dekat dengannya (ibu ) · Dapat mengangkat kepala dan menahannya dengan stabil. · Visual: dapat mengikuti obyek yang bergerak. | · Dapat berteriak, nyerocos, dan tertawa kecil (terkekeh) · Memainkan ludah menjadi gelembung (balon) · Dapat mengenali suara orang-orang terdekat. · Dapat melakukan minipush-up. | · Dapat berguling, dari tengkurap menjadi terlentang · Dapat berespon terhadap suara keras · Dapat mengarahkan kedua tangan untuk memegang mainan. |
4 bulan | · Tersenyum, tertawa · Dapat mengangkat beban pada kakinya · Tertawa kecil (terkekeh) bila Anda berbicara dengannya | · Dapat menggenggam mainan · Berguling, dengan posisi dari belakang ke depan | · Meniru suara : “baba”, “dada” · Tumbuh gigi pertama · Mulai siap untuk makanan lunak selain ASI. |
5 bulan | · Dapat membedakan warna-warna dasar (mencolok) · Mulai bermain dengan tangan dan kakinya. | · Dapat mengenali namanya, terutama bila dipanggil · Berespon terhadap suara-suara baru yang datang padanya · Dapat berguling dari tengkurap ke depan dan sebaliknya. | · Mulai dapat duduk sendiri beberapa saat. · Mulai memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. · Mulai muncul kecemasan akan perpisahan dengan orang terdekat (biasanya orangtua) |
6 bulan | · Dapat menoleh ke arah suara-suara baik benda maupun orang-orang di sekitarnya. · Menirukan suara atau bunyi-bunyian. · Berguling dari tengkurap ke terlentang dan sebaliknya. | · Sudah siap untuk makan makanan lunak (tidak ASI Ekslusif lagi). · Dapat duduk sendiri tanpa sandaran. · Senang memasukkan benda-benda ke mulutnya. · Dapat memindahkan objek dari tangan satu ke tangan lainnya. (misal: dari tangan kiri ke tangan kanan). | · Dapat melambaikan tangan (lambaiangoodbye) · Dapat berdiri dengan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya. · Dapat membenturkan dua objek (misalnya: mainannya saling dibenturkan) · Mulai mengerti benda-benda yang dipegangnya. |
8 bulan | · Dapat berkata ”mama” dan ”dada”, kepada kedua orang tuanya (namun tidak spesific mama untuk ibu, dada untuk ayah). · Dapat memindahkan benda atau mainan dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya. | · Berdiri dengan berpengangan · Merangkak · Dapat menunjuk benda · Mencari benda-benda yang disembunyikan. | · Belajar untuk berdiri sendiri. · Dapat mengambil benda dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk (seperti menjepit). · Mulai dapat mengekspresikan keinginannya dengan bahasa tubuh (misalnya meminta susu dengan menunjuk tempat susu). |
9 bulan | · Dapat berdiri dengan berpegangan. · Mulai mengoceh. · Mulai mengenali &mengetahui benda-benda disekitarnya. | · Mulai mengeksplorasi/ berjalan sambil berpegangan. · Dapat minum dari gelas bertutup (sippy cup-gelas bertutup yang ujung tutupnya bercorong bolong-bolong seperti dot) · Dapat makan dengan menggunakan tangannya sendiri. · Dapat membeturkan dua benda yang ada ditangannya. | · Bermain ciluk ba · Dapat mengatakan ’mama’ dan ’dada’ dengan tepat (mama kepada ibu dan dada ke ayah) |
10 bulan | · Melambaikan tangan (goodbye) · Mengambil benda dengan ibu jari dan telunjuk seperti menjepit (menjumput) · Dapat merangkak dengan baik. | · Mengatakan ’mama’ dan ’dada’ dengan tepat. · Dapat mengekspresikan keinginannya dengan gerakan | · Dapat berdiri sendiri dalam beberapa saat · Dapat menaruh barang ke dalam tempat tertentu (misalnya kotak) |
11 bulan | · Mengatakan ’mama’ dan ’dada’ dengan tepat. · Bermain ciluk ba · Dapat berdiri sendiri untuk beberapa detik. · Mengeksplorasi sekitarnya | · Mulai mengerti ’tidak’ dan instruksi singkat lainnya (misalnya ambil, itu) · Mulai suka menaruh atau memindahkan benda ke dalam tempat tertentu (misalnya kotak) | · Mengatakan 1 kata lain selain ’mama’ dan ’dada’ · Dapat membungkuk dari posisi berdiri. |
12 bulan | · Meniru orang lain · Menyatakan keinginan dengan gerakan tubuh (seperti menunjuk, menggeleng, mengangguk) | · Mulai berjalan beberapa langkah · Mengatakan 1 kata lain selain ’mama’ dan ’dada’ | · Berjalan sendiri · Membuat coretan dengan crayon · Mengatakan 2 kata lain selain ’mama’ dan ’dada’ |
13 bulan | · Menggunakan dua kata secara tepat seperti kata ’hai’ dan bye (dadah). · Mengambil benda sambil membungkuk | · Senang melihat bayangannya (misalnya bercermin) · Dapat menahan tangan dan kakinya untuk membantu orang lain memakaikan pakaian padanya. | · Menggabungkan kata dan gerakan untuk menyatakan keinginannya (misalnya susu sambil menunjuk tempat susu) · Dapat menggelindingkan bola. |
14 bulan | · Makan dengan tangan · Dapat mengambil benda dari kotak/ mengosongkan kotak · Meniru orang lain | · Sudah dapat berjalan dengan ditatah · Meniru permainan · Menunjuk anggota badannya saat ditanya (misalnya: dapat menunjuk kepala, telinga) · Dapat merespon perintah yang datang padanya (misalnya: cium ibu) | · Dapat menggunakan sendok atau garpu. · Dapat memasangkan tutup dengan tempatnya. · Dapat mendorong atau menarik mainan sambil berjalan. |
15 bulan | · Bermain dengan bola · Menguasai 3 kata dan sering digunakan · Berjalan mundur | · Membuat coretan-coretan dengan menggunakan crayon · Dapat berlari · Mengadopsi kata ’tidak’ sebangai kata favorit. | · Minta diambilkan barang-barang · Dapat meletakan jari didepan mulutnya dan mengatakan ’shh’ |
16 bulan | · Dapat membalik halaman buku. · Cenderung temper tantrumbila frustrasi/marah · Memiliki benda tertentu yang selalu ingin dipegangnya. | · Mulai belajar mendaki/menaiki sesuatu · Dapat menumpuk 3 balok · Menggunakan sendok atau garpu · Belajar cara yang tepat untuk menggunakan benda tertentu (misalnya telepon) | · Dapat membuka salah satu bajunya sendiri (misalnya celana atau kaus). · Mulai susah makan / rewel/banyak maunya · Tidur siang satu kali. |
17 bulan | · Mulai menggunakan 6 kata secara teratur · Senang bermain pura-pura (misalnya: bermain menjadi superman) · Senang mengendarai mainan. | · Memberi makan boneka · Ucapannya mulai jelas · Dapat melempar bola dengan lebih baik. | · Berjoget mengikuti musik · Dapat mengelompokkan mainan berdasarkan warna, ukuran atau benutknya · Dapat menendang bola ke depan. |
18 bulan | · Mau membaca buku sendiri · Membuat coretan-coretan | · Dapat membentuk kalimat dengan 2 kata (misalnya: mau makan) · Dapat sikat gigi dengan bantuan · Dapat menumpuk 4 balok. | · Dapat melempar bola dengan ayunan yang tinggi. · Dapat membongkar pasang mainan · Mulai menunjukkan kesiapan untuk melakukan toilet training. |
19 bulan | · Dapat menggunakan sendok dan garpu · Berlari · Melempar bola dengan ayunan kecil · Menikmati membantu orang-orang disekitar (misalnya menyapu, mengambil barang) | · Mengerti hampir 200 kata · Dapat mengenali bila melakukan kesalahan (misalnya memanggil kucing sebagai ayam) | · Dapat mencuci tangan dan mengeringkannya dengan bantuan orang lain. · Dapat menunjuk gambar atau benda tersebut ketika disebutkan namanya. · Dapat mengenali ketika ingin buang air kecil. |
20 bulan | · Memberi makan boneka · Dapat mencopot bajunya sendiri · Dapat membuang benda dengan mencontoh orang lain (misalnya membuat sampah). | · Belajar kata-kata baru 10 atau lebih dalam 1 hari. · Dapat menaiki tangga (namun mungkin tidak dapat turun) | · Mungkin mulai mengeksplorasi alat kelaminnya. · Menggambar garis lurus. · Dapat menyebutkan beberapa anggota badannya. |
21 bulan | · Dapat menaiki tangga · Dapat membuat tujuan yang mudah misalnya memutuskan untuk menaruh mainan ditempat tertentu | · Melempar bola dengan ayunan tinggi/kuat · Menendang bola · Menyusun 6 balok | · Menyebutkan nama gambar tertentu pada buku · Dapat menuruni tangga |
22 bulan | · Menendang bola · Dapat mengikuti 2 instruksi yang diberikan padanya (misalnya ambil bolanya dan berikan ke ibu) | · Dapat menyusun puzzlesederhana · Menggambar garis lurus · Menyebutkan beberapa anggota tubuhnya. | · Dapat memakai baju yang longgar · Mungkin siap untuk tidur ditempat yang lebih besar · Memahami konsep kebalikan. Misalnya tinggi vs pendek |
23 bulan | · Dapat menyebutkan gambar dalam sebuah buku · Dapat menggunakan 50-70 kata-kata. | · Dapat membuka pintu · Dapat menyanyikan lagu/melodi sederhana · Mulai tertarik untuk bermain dengan anak lain. | · Membicarakan diri sendiri (seperti apa yang disukai, tidak disukai) · Sering bertanya ’kenapa?’ |
24 bulan | · Dapat menyebutkan sedikitnya 6 anggota tubuhnya · Setengah dari perkataannya mulai dapat dipahami. · Dapat mengucapkan kalimat dari 2-3 kata | · Berbicara tentang dirinya sendiri · Mengatur benda-benda berdasarkan kategorinya · Dapat berjalan menuruni tangga | · Mulai mengerti konsep abstrak seperti ’nanti’ atau ’sebentar lagi’. · Mulai menyadari adanya perbedaan jender laki-laki dengan perempuan. · Belajar melompat. |
25-26 bulan | · Dapat menyusun 6 balok · Cara berjalan lebih halus. | · Menggunakan kata ganti orang seperti saya, kamu · Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri. | · Dapat mengucapkan kata-kata dengan jelas · Dapat menggambar garis vertikal. |
27-28 bulan | · Melompat dengan kedua kaki · Dapat membuka pintu | · Mengerti/memahami istilah. Misalnya besar, halus, dll · Menggambar garis vertikal. | · Mulai mengenali alfabet. · Dapat berdiri dengan satu kaki. (keseimbangan) |
29-30 bulan | · Menggosok gigi dengan bantuan orang lain · Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri | · Dapat menggambar lingkaran · Dapat berdiri dengan satu kaki (keseimbangan) | · Dapat memakai kaus · Menyebutkan 1 warna · Menyebutkan 1 nama teman |
31-32 bulan | · Dapat menyebutkan namanya sendiri · Menggambar lingkaran | · Memakai kaus snediri · Dapat berdiri dengan satu kaki bergantian untuk beberapa saat. · Mengenali alfabet · Menggosok gigi sendiri | · Menggunakan 2 kata sifat · Dapat menggambar silang · Dapat menunjuk benda bila orang lain menyebutkan fungsinya (misalnya bila ibunya bilang mana tempat untuk minum? Dia dapat menunjuk gelas) |
33-34 bulan | · Dapat menyebutkan 1 jenis warna · Dapat menyebutkan 1 nama temannya · Dapat mengikuti percakapan sederhana. | · Dapat naik dan turun tangga dengan kaki kanan dan kiri. · Mulai mengunakan istilah diatas, didalam, disana. · Perkataan sudah lebih jelas (75% dapat dimengerti). · Dapat menyusun 8 blok. | · Dapat melakukan toilet training (diminta untuk pipis atau buang air besar) di siang hari. · Dapat menggoyang-goyangkan ibu jari (jempol). · Dapat mengekspresikan berbagai emosi (misalnya marah, senang, sedih, takut dsb). · Dapat menggambarstick figure (gambar orang yang terdiri dari lingkaran dan garis silang saja) |
35-36 bulan | · Dapat mengenali kegunaan 2 benda · Dapat membuat kalimat yang terdiri dari 3-4 kata. · Dapat menyebutkan 2 kegiatan seperti melompat dan meloncat. | · Dapat melompat di tempat dan melompati sesuatu. · Dapat mengikuti 2 atau 3 perintah/permintaan. · Dapat berpisah dari orang tuanya. · Dapat mengendarai sepeda roda 3. | · Dapat berdiri diatas satu kaki dengan bergantian selama 3 detik. · Dapat berpakaian sendiri. |
0 comments:
Post a Comment